all about music

Minggu, 19 Februari 2012

Sekilas tentang franz liszt


Liszt menjadi terkenal di Eropa pada abad kesembilan belas untuk keterampilan virtuoso sebagai seorang pianis. Dia dikatakan oleh orang sezamannya telah menjadi pianis yang paling maju secara teknis usianya. Pada tahun 1840-an ia dianggap oleh beberapa orang mungkin pianis terbesar sepanjang masa. [12] Dia juga seorang komposer terkenal, guru piano, dan konduktor. Dia dermawan untuk komposer lainnya, termasuk Richard Wagner, Hector Berlioz, Camille Saint-Saëns,Edvard Grieg dan Alexander Borodin. [13]
Sebagai komposer, Liszt adalah salah satu wakil yang paling menonjol dari"Neudeutsche Schule" ("Sekolah Jerman Baru"). Ia meninggalkan sebuah badan yang luas dan beragam pekerjaan di mana ia dipengaruhi berwawasan ke depan nya sezaman dan diantisipasi beberapa abad ke-20 ide-ide dan tren. Beberapa kontribusi paling terkenal adalah penemuan puisi simfoni, mengembangkan konseptransformasi tematik sebagai bagian dari eksperimen dalam bentuk musik dan membuat keberangkatan radikal dalam harmoni. [14] Dia juga memainkan peran penting dalam mempopulerkan berbagai macam musik dengan menyalin untuk piano.

Kehidupan awal

Nenek moyang paling awal dari Liszt adalah kakek buyutnya, Sebastian Daftar, yang merupakan salah satu dari ribuan budak migran Jerman bermigrasi secara lokal dalam Kekaisaran Austria wilayah 's (sekitar wilayah yang sekarang merupakan Lower Austria dan Hongaria), pada semester pertama abad ke-18, dan meninggal pada tahun 1793 di Rajka, Moson County, Kerajaan Hungaria. [16] Kakek Liszt adalah seorang pengawas di perkebunan Esterhazy beberapa, ia bisa memainkan piano, biola dan organ. [17] Klan Liszt tersebar di seluruh Austria dan Hungaria dan secara bertahap kehilangan kontak satu sama lain. [18]
Franz Liszt lahir Marie Anna Lager dan Ádám Liszt pada tanggal 22 Oktober, 1811 di Desa Doborján ( [19] ) di Sopron County, di Kerajaan Hongaria. [20] Ayahnya akan menggunakan hanya bahasa Hungaria ketika berhadapan, sebagai pelayan, dengan rakyat desa di mana keluarga menetap. [21]
Ayah Liszt memainkan piano, biola, cello, dan gitar. Dia telah dalam pelayananPangeran Nikolaus II Esterhazy dan tahu Haydn, Hummel dan Beethoven pribadi.Pada usia enam, Franz mulai mendengarkan dengan penuh perhatian permainan piano ayahnya dan menunjukkan minat di kedua suci dan musik Romani. Adam mulai mengajar piano pada usia tujuh, dan Franz mulai menulis secara dasar ketika ia berusia delapan. Ia tampil dalam konser di Sopron dan Pozsony ( [22] ; kini Bratislava, Slovakia) pada bulan Oktober dan November 1820 pada usia 9. Setelah konser, sekelompok sponsor kaya ditawarkan untuk membiayai pendidikan musik Franz luar negeri.
Di Wina, Liszt menerima pelajaran piano dari Carl Czerny, yang di masa muda sendiri telah menjadi mahasiswa Beethoven dan Hummel. Dia juga menerima pelajaran dalam komposisi dari Antonio Salieri, yang saat itu musik direktur pengadilan Wina. Debut publik-Nya di Wina pada tanggal 1 Desember 1822, di sebuah konser di "Landständischer Saal," adalah sukses besar. Dia disambut di kalangan aristokrat Austria dan Hungaria dan juga bertemu Beethoven danSchubert. [23] Pada musim semi 1823, ketika satu tahun cuti berakhir, Adam Liszt meminta Pangeran Esterhazy sia-sia selama dua tahun lagi. Adam Liszt lalu meninggalkan pelayanan sang Pangeran. Pada akhir April 1823, keluarga kembali ke Hongaria untuk terakhir kalinya. Pada akhir Mei 1823, keluarga pergi ke Wina lagi.
Menjelang akhir 1823 atau awal 1824, pertama komposisi Liszt diterbitkan muncul di media cetak, Variasi pada Waltz dengan Diabelli (sekarang S. 147), yang Variasi 24 di Bagian II dari Vaterländischer Künstlerverein. Ini antologi, ditugaskan oleh Diabelli, termasuk 50 variasi waltz nya sebesar 50 komposer berbeda (Bagian II), Bagian I yang diambil oleh 33 Beethoven variasi pada tema yang sama, yang sekarang lebih dikenal dengan Variasi Diabelli, Op. 120.

Masa remaja di Paris

Setelah kematian ayahnya Liszt pindah ke Paris, karena lima tahun ke depan dia tinggal dengan ibunya di sebuah apartemen kecil. Dia menyerah tur. Untuk mendapatkan uang, Liszt memberikan pelajaran dalam bermain piano dan komposisi, sering dari pagi hingga larut malam. Siswa-Nya yang tersebar di seluruh kota dan ia sering harus menutup jarak jauh. Karena itu, ia terus jam pasti dan juga mengambil merokok dan minum-semua kebiasaan dia akan terus sepanjang hidupnya. [24] [25]
Tahun berikutnya ia jatuh cinta dengan salah seorang muridnya, Caroline de Saint-Cricq, putri Charles X menteri perdagangan. Namun, ayahnya bersikeras bahwa perselingkuhan dipatahkan. Liszt jatuh sakit parah, sampai-sampai pemberitahuan obituari dicetak di surat kabar Paris, dan ia menjalani periode panjang keraguan agama dan pesimisme. Ia kembali menyatakan keinginan untuk bergabung dengan Gereja tetapi dia dibujuk kali ini oleh ibunya. Dia memiliki banyak diskusi denganAbbé de Lamennais, yang bertindak sebagai ayah rohaninya, dan juga denganChrétien Urhan, seorang pemain biola kelahiran Jerman yang memperkenalkan diake-Simonists Saint. [26] Urhan juga menulis musik yang anti-klasik dan sangat subyektif, dengan judul seperti Elle et moi, La Keselamatan Angélique dan Les Menyesal, dan mungkin telah whetted selera Liszt muda untuk romantisme musik.Sama pentingnya untuk Liszt adalah kejuaraan sungguh-sungguh Urhan dari Schubert, yang mungkin telah merangsang pengabdian sendiri seumur hidupnya untuk musik yang komposer. [27]
Selama periode ini Liszt membaca secara luas untuk mengatasi kurangnya pendidikan umum, dan ia segera datang ke dalam kontak dengan banyak penulis dan seniman terkemuka pada zamannya, termasuk Victor Hugo, Alphonse de Lamartine dan Heinrich Heine. Dia terdiri praktis tidak ada di tahun-tahun ini. Namun demikian, Revolusi Juli 1830 mengilhaminya untuk sketsa Symphony Revolusioner berdasarkan peristiwa "tiga hari yang mulia," dan ia mengambil peran lebih besar terhadap kejadian di sekitarnya. Dia bertemu Hector Berlioz pada 4 Desember, 1830 sehari sebelum premier dari fantastique Symphonie. Berlioz musik yang membuat kesan kuat pada Liszt, terutama nanti ketika ia menulis untuk orkestra.Dia juga diwarisi dari Berlioz kualitas kejam dari banyak karya-karyanya