all about music

Selasa, 29 Mei 2012

Sekilas tentang Schumann


The Piano Concerto dalam A, minor Op.54, adalah konser Romantis terkenal oleh Robert Schumann, selesai pada 1845.

Schumann telah dimulai beberapa konserto piano sebelum yang satu ini: Pada tahun 1828, ia sudah mulai satu dalam E-flat utama; 1829-31 dia bekerja pada satu dari F mayor, dan pada tahun 1839, ia menulis satu gerakan dari sebuah concerto in D minor. Tak satu pun dari karya-karya ini selesai.

Pada tahun 1841, Schumann menulis sebuah fantasi untuk piano dan orkestra, Phantasie nya. Pianis istrinya Clara mendesaknya untuk memperluas bagian ini menjadi sebuah konserto piano penuh. Pada tahun 1845 ia menambahkan selingan dan penutup untuk membuat pekerjaan selesai. Ternyata menjadi konserto piano hanya itu Schumann selesai.

Pekerjaan perdana di Leipzig pada 1 Januari 1846 dengan Clara memainkan bagian solo. Ferdinand Hiller, dedicatee atas karya tersebut, yang dilakukan.

Pekerjaan yang mungkin telah digunakan sebagai model oleh Edvard Grieg dalam menyusun Concerto Piano sendiri, juga di A minor. Konserto Grieg, seperti yang Schumann, mempekerjakan akord orkestra tunggal yang kuat pada pengenalan sebelum pintu masuk piano dengan sama turun berkembang.

Setelah konser ini, Schumann menulis dua karya lain untuk piano dan orkestra: Pendahuluan dan Allegro Appassionato dalam G mayor (op 92), dan Pendahuluan dan Allegro Concertante dalam D minor (op 134).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar